Inilah Pentingnya Perawatan Rambut Bayi

Umumnya, ibu baru masih merasa grogi dan canggung dalam merawat bayi baru. Selain menyusui dan mandi, keramas merupakan momen yang tepat untuk menguatkan bonding antara ibu dan bayi. Dengan produk yang tepat dan kesabaran, waktu yang Anda habiskan saat mengeramasi rambut si kecil bisa menjadi momen yang berkualitas.


Menurut hasil riset yang dilakukan produk My Baby pada seluruh ibu di Indonesia awal tahun 2017 lalu, 100 persen ibu mengakui momen keramas dapat mempererat hubungan ibu dan bayi, 98 persen mengaku kepala bayi merupakan salah satu bagian tubuh yang sensitif, dan 66 persen responden menginginkan bayinya memiliki rambut tebal serta hitam berkilau.


Menanggapi hasil riset tersebut, dr. Margareta Komalasari SpA dari RS Pusat Pertamina dan  Brawijaya Women & Children Hospital berbagi tips untuk merawat rambut bayi.


1.    Jadikan suasana lebih seru
Suasana yang nyaman saat mengeramasi bayi dipercaya bisa membuat ibu dan bayi nyaman dan tenang. Selain itu, bayi akan merasakan kehangatan kasih ibu. Diharapkan ayah pun turut serta mengambil peran dalam momen ini. Anda bisa mengawali dengan menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk keramas dan mengajak ngobrol si bayi.




2.    Lakukan secara rutin
Karena kita tinggal di Indonesia yang dilimpahi sinar matahari, sebaiknya keramas dilakukan setiap hari agar kebersihan dan kesehatan rambut serta kulit kepala terjaga. Rutinitas bayi yang aktif cenderung dapat menimbulkan endapan keringat yang mengering pada kulit kepala dan tentunya dapat merusak akar rambut.


3.    Lakukan pijatan lembut
Pijatan lembut dapat memperlancar peredaran darah, sehingga memaksimalkan penyerapan nutrisi ke akar rambut.


4.    Lindungi mata bayi Anda
Pilihlah produk sampo yang tidak pedih di mata agar bayi merasa nyaman saat dikeramasi.


5.    Gunakan produk yang tepat
Perawatan untuk bayi diusahakan menggunakan produk berbahan alami dan teruji klinis agar aman serta tidak menyebabkan masalah bagi bayi.


"Sebenarnya perawatan rambut bayi dapat dilakukan dengan menjaga kebersihannya lewat rutin keramas menggunakan sampo khusus bayi. Selain untuk membersihkan kepala, keramas juga dapat dimanfaatkan sebagai media untuk mempererat ikatan ibu dan bayi,” ungkap dr Margareta dalam acara 'My Baby Keramas Ceria' di Playparq, Kemang, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.


    Menyadari pentingnya produk perawatan bayi berbahan alami dan teruji klinis, My Baby menghadirkan My Baby Shampoo Black & Shine yang telah teruji klinis dan tidak pedih di mata. Berbahan alami alpukat dan kemiri, produk ini menjadi solusi perawatan rambut bayi agar rambut bayi lebih tebal dan hitam berkilau serta wangi lebih tahan lama. “Sejak dulu kemiri memang faktanya dapat menghitamkan dan menebalkan rambut. Karena kemiri mengandung asam linolenat yang merupakan bagian dari omega 3, berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut. Sementara alpukat juga mengandung asam folat dan omega 3 yang bermanfaat untuk pertumbuhan rambut, melembapkan dan memberikan kilau alami rambut bayi,” jelas Selva Marsentiani, Brand Development My Baby. (Isti Muthmainnah)