Bahaya! Ini Alasannya Rasulullah Melarang Berbisik Berduaan

PERNAH kamu berbisik di depan temanmu? Atau temanmu berbisik dengan orang lain di depan mu? Bagaimana rasanya? Biasa saja? Atau merasa sedih seperti tak dianggap atau tak layak bersama teman terkasih?

Lidah sangatlah lunak, terlalu lunaknya ia kadang jika kita tidak menjaganya akan  mebawa kita pada hal yang merugikan diri sendiri bahkan orang lain. Naudzubillah



Begitupula dalam hal berbisik, bukan hal asing jika  akan ada orang yang tidak sengaja terluka hatinya karena diantara ia ada yang berbisik.  Islam itu sangat indah sehingganya adab mengenai berbisik  pun diatur agar tiada bersedih hati seorang muslim.

Penjelasan tersebut seperti yang terdapat pada firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

“Sesungguhnya pembicaraan rahasia itu adalah dari setan, supaya orang-orang yang beriman itu berduka cita, sedang pembicaraan itu tiadalah memberi mudarat sedikitpun kepada mereka, kecuali dengan izin Allah dan kepada Allah-lah hendaknya orang-orang yang beriman bertawakkal,” (QS Al-Mujadilah:10).

Dalam sebuah hadits Nabi salallahu alaihi wa sallam pernah bersabda :



“jika kalian bertiga maka janganlah dua orang berbicara/berbisik bisik berduaan sementara yang ketiga tidak diajak, sampai kalian bercampur dengan manusia. Karena hal ini bisa membuat orangyang kita tadi bersedih,” (HR. Bukhori no.6290 dan Muslim no. 2184).

Maka jangan heran jika saat kita  sedang bertiga dan kita melakukan sebuah perundingan yang tidak bermaksud menyakiti hati pihak ketiga dengan berbisik-bisik orang ketiga itu mungkin akan besedih usai bisikian kita.

Padahal bisikan tersebut tidak ada pembicaraan sedikitpun yang dimaksud menyakiti hatinya.

Bisikan yang menyakitkan hati juga dapat berlaku pada 4 orang atau lebih. Pernahkah melihat atau mengalami  suatu pembicaraan yang terdiri dari 4 orang dan dua diantaranya berbisik tanpa mengajak dua lainnya?

Bukankah akan ada kemungkinan  pertanyaan “kok mereka bisik-bisikan berdua ya? Kan kita berempat lagi ngomong, ngapain bicara berempat kalo akhirnya mereka bisik-bisikan berdua?” serta pikiran negatif lainnya muncul?

Tentu sakit bukan? Apalagi jika posisi tersebut dialami oleh 3 orang yang 2 diantaranya melakukan bisik-bisik.

Maka dari itu, mulai ubah kebiasaan berbisik kita saat sedang bertiga. Pun  jika kita berada pada posisi si “satu orang” itu, tidak ada salahnya kan berbaik sangka. Mungkin saat itu teman kita memang sedang membutuhkan seseorang yang paham akan masalahnya dan bukan kita. dengan berpositif thinking kan aura bahagia juga makin meningkat.

Dalamnya laut mungkin bisa diukur. Namun, dalamnya hati yang terluka siapa yang tahu. []

Sumber: annida